10 Manfaat Berlari

10 Manfaat Kesehatan yang didapat saat rutin berlari (by:Acrorunners)

       Berlari merupakan salah satu olahraga yang sangat mudah untuk dilakukan tanpa memerlukan persiapan khusus tertentu. Siapapun bisa melakukan olahraga ini kapanpun dan dimanapun mereka mau. Rutin brolahraga lari ini ternyata memiliki manfaat kesehatan yang sangat banyak. 10 manfaat utama diantara banyak manfaat lari adalah sebagai berikut:

1. Meningkatkan kepadatan Tulang.
        Tulang kita terdiri atas sel pembentuk tulang (Osteoblast) dan sel perusak tulang (sel Osteoclast) untuk menjaga keseimbangan komposisi tulang yang terutama terdiri dari Kalsium. Dengan rutin melakukan olahraga lari dapat meningkatkan sel pembentuk tulang dan mengurangi kejadian osteroporosis pada usia lanjut.

2. Menguatkan Otot Dan Sendi.
      Studi menunjukkan Olahraga lari dapat menurukan risiko radang sendi (arthritis) pada lutut dan pinggul. selain itu juga dapat meningkatkan pertumbuhan tulang rawan (kartilago) yang menjadi bantalan dalam sendi.

3. Meningkatkan Kekuatan Fisik.
      Rutin Berlari meningkatkan massa otot dan ketahanan dalam melakukan aktivitas yang lama (endurance). peningkatan massa otot ini berhubungan erat dengan posisi ideal saat berlari.

4. Meningkatkan Kesehatan Mental Keseluruhan.
      Berlari bermanfaat untuk meningkatkan kepercayaan diri, menajamkan ingatan dan cara berpikir, memberikan semangat dan semakin enerjik, serta mengurangi stres.

5. Menguatkan Sistem Kekebalan Tubuh.
      Berlari rutin tiga kali dalam seminggu terbukti dapat meningkatkan produksi sel kekebalan tubuh untuk menghalau serangan kuman pembawa penyakit. penelitian lain menunjukkan bahwa berlari dapat menurunkan regresi tumor. Tapi pengecualian terjadi pada atlet yang berlatih sangat keras, karena dapat semakin mudah terpapar oleh penyakit yang ringan seperti flu.

6. Mencegah Tekanan Darah Tinggi.
      Penelitian American Heart Association menunjukkan semakin tinggi jumlah dan durasi seseorang berlari maka dapat semakin menurunkan risiko penyakit tekanan darah tinggi atau hipertensi.

7. Mengurangi Risiko Jantung Koroner.
      Berlari 16 km perminggu dapat meningkatkan kadar kolesterol baik atau High Density Lipoprotein (HDL) dalam darah dan mencegah terjadinya penyakit jantung koroner.

8. Mengurangi Efek Asma.
      Asma bukanlah menjadi alasan untuk tidak berolahraga. menurut www,webmd.com sebagian besar dokter menyarankan penderita asma tetap dapat melakukan aktivitas olahraga ringan dan medium seperti berlari, bersepeda dan berenang. hal itu dilakukan untuk tetap dapat menjaga kesehatan dan kebugaran serta menurunkan efek asma yang diderita. Tetap hindari faktor pencetus alergen dan ingat selalu membawa obat asma saat berolahraga.

9. Menurunkan Berat Badan
      Dalam Jarak 1,5 km anda dapat membakar kalori hingga 100 kalori dalam tubuh atau setara dengan satu sup soto ayam (100gr). Dapat lebih efektif ketika dikombinasikan dengan mengatur pola makanan anda setiap harinya.

10. Menormalkan Kadar Gula Darah.
      Selain untuk menjaga kesehatan organ pankres, khususnya bagi penderita Diabetes Melitus, aktif berlari minimal 3 kali seminggu dapat meningkatkan produksi insulin dalam tubuh dan menurunkan kadar glukosa darah secara efisien.

    Itulah 10 manfaat berlari yang dirangkum dari beberapa sumber. Semoga bermanfaat bagi para pembaca yang baru ingin atau sudah sering berlari.

Komentar

Postingan Populer